blog image

Pembelajaran Materi Kuliah |31 Jan 2024 | Dilihat 595 Kali

Apa itu jaringan komputer?

Apa itu jaringan komputer?

Jaringan komputer mengacu pada perangkat komputasi yang saling terhubung serta dapat bertukar data dan berbagi sumber daya satu sama lain. Perangkat jaringan ini menggunakan sistem aturan, yang disebut sebagai protokol komunikasi, untuk mentransmisikan informasi melalui teknologi fisik atau nirkabel.

Mari menjawab beberapa FAQ umum mengenai jaringan komputer.

Bagaimana cara kerja jaringan komputer?

Simpul dan tautan adalah blok bangunan dasar dalam jaringan komputer. Suatu simpul jaringan dapat berupa peralatan komunikasi data (DCE) seperti modem, hub atau switch, maupun peralatan terminal data (DTE) seperti dua atau beberapa komputer dan printer. Tautan adalah media pengiriman yang menghubungkan dua simpul. Tautan dapat berbentuk fisik, seperti kabel atau fiber optik, atau berupa ruang bebas yang digunakan oleh jaringan nirkabel.

Dalam jaringan komputer yang sedang bekerja, simpul akan mengikuti serangkaian aturan atau protokol yang menentukan cara mengirim dan menerima data elektronik melalui tautan tersebut. Arsitektur jaringan komputer menentukan desain dari komponen fisik dan logis ini. Arsitektur jaringan komputer menyediakan spesifikasi untuk komponen fisik jaringan, organisasi fungsional, protokol, dan prosedur.

Apa kegunaan jaringan komputer?

Jaringan komputer dibuat pertama kali pada akhir tahun 1950-an untuk digunakan di militer dan departemen pertahanan. Pada awalnya, jaringan komputer digunakan untuk mentransmisikan data melalui saluran telepon dan memiliki aplikasi saintifik dan komersial yang terbatas. Dengan kehadiran teknologi internet, jaringan komputer menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh korporasi.

Solusi jaringan modern memberikan lebih dari sekadar konektivitas. Solusi jaringan menjadi sangat penting bagi transformasi digital dan kesuksesan bisnis saat ini. Kemampuan jaringan yang mendasarinya sudah lebih dapat diprogram, terotomatisasi, dan aman.

Jaringan komputer modern mampu:

Beroperasi secara virtual

Infrastruktur jaringan fisik yang mendasarinya dapat dipartisi secara logis untuk membuat banyak jaringan “overlay”. Di dalam sebuah jaringan komputer overlay, simpul ditautkan secara virtual, dan data dapat saling ditransmisikan melalui beberapa jalur fisik. Misalnya, banyak jaringan korporasi yang di-overlay di internet.

Berintegrasi pada skala yang besar

Layanan jaringan modern menghubungkan jaringan komputer yang terdistribusi secara fisik. Layanan ini dapat mengoptimisasi fungsi jaringan melalui otomatisasi dan pemantauan untuk membuat jaringan skala besar dengan performa tinggi. Layanan jaringan dapat diskalakan naik atau turun berdasarkan permintaan.

Merespons perubahan kondisi secara cepat

Banyak jaringan komputer yang kerjanya ditentukan oleh perangkat lunak. Lalu lintas dapat dirutekan dan dikontrol secara terpusat dengan menggunakan antarmuka digital. Jaringan komputer ini mendukung manajemen lalu lintas virtual.

Memberikan keamanan data

Semua solusi jaringan hadir dengan fitur keamanan bawaan seperti enkripsi dan kontrol akses. Solusi pihak ketiga seperti perangkat lunak antivirus, firewall, dan antimalware dapat diintegrasikan untuk membuat jaringan menjadi lebih aman.

Apa saja tipe arsitektur jaringan komputer?

Desain jaringan komputer digolongkan berdasarkan dua kategori umum:

1. Arsitektur klien-server

Dalam tipe jaringan komputer ini, simpul dapat berupa server atau klien. Simpul server memberikan sumber daya seperti memori, tenaga pemrosesan, atau data ke simpul klien. Simpul server juga dapat mengelola perilaku simpul klien. Klien dapat saling berkomunikasi satu sama lain, tetapi tidak dapat berbagi sumber daya. Misalnya, beberapa perangkat komputer di jaringan korporasi menyimpan data dan pengaturan konfigurasi. Perangkat ini merupakan server dalam jaringan tersebut. Klien dapat mengakses data ini dengan membuat permintaan ke mesin server.

2. Arsitektur peer-to-peer

Dalam arsitektur peer-to-peer (P2P), komputer yang terhubung memiliki kedudukan dan hak istimewa yang sama. Tidak ada server pusat untuk melakukan koordinasi. Masing-masing perangkat dalam jaringan komputer dapat bertindak baik sebagai klien maupun server. Masing-masing peer dapat berbagi beberapa sumber dayanya, seperti memori dan tenaga pemrosesan (processing power), dengan seluruh jaringan komputer. Misalnya, beberapa perusahaan menggunakan arsitektur P2P untuk meng-host aplikasi yang boros memori, seperti rendering grafis 3-D, di beberapa perangkat digital.

Apa itu topologi jaringan?

Susunan simpul dan tautan disebut sebagai topologi jaringan. Simpul dapat dikonfigurasikan dengan berbagai cara untuk mendapatkan hasil yang berbeda. Beberapa tipe topologi jaringan antara lain:

Topologi bus

Masing-masing simpul ditautkan hanya ke satu simpul lainnya. Transmisi data dalam koneksi jaringan terjadi secara satu arah.

Topologi cincin (ring)

Masing-masing simpul ditautkan ke dua simpul lainnya, sehingga membentuk cincin. Data dapat mengalir secara dua arah. Namun, satu kegagalan simpul dapat melumpuhkan seluruh jaringan.

Topologi bintang (star)

Simpul server pusat ditautkan ke beberapa perangkat jaringan klien. Topologi ini memiliki performa yang lebih baik karena data tidak mengalir melewati masing-masing simpul. Topologi ini juga lebih reliabel.

Topologi jala (mesh)

Masing-masing simpul terhubung ke banyak simpul lain. Dalam topologi jala penuh, masing-masing simpul terhubung ke semua simpul lainnya di dalam jaringan.

Apa saja tipe jaringan komputer korporasi?

Berdasarkan pada ukuran dan kebutuhan organisasi, ada tiga tipe umum jaringan privat korporasi:

Jaringan area lokal (LAN)

LAN merupakan sistem yang saling terhubung, yang terbatas pada ukuran dan geografinya. Pada umumnya, LAN menghubungkan komputer dan perangkat dalam satu kantor atau gedung. Jaringan ini digunakan oleh perusahaan kecil atau jaringan pengujian untuk pembuatan prototipe berskala kecil.

Jaringan area luas (WAN)

Jaringan korporasi yang mencakup gedung, kota, dan bahkan negara disebut sebagai jaringan area luas (WAN). Jaringan area lokal digunakan untuk mentransmisikan data dengan kecepatan lebih tinggi dalam jarak dekat, sedangkan WAN digunakan untuk komunikasi jarak jauh yang aman dan dapat diandalkan.

SD-WAN atau WAN yang ditentukan oleh perangkat lunak adalah arsitektur WAN yang dikontrol oleh teknologi perangkat lunak. SD-WAN menawarkan layanan konektivitas yang lebih fleksibel dan dapat diandalkan, yang dapat dikontrol pada tingkat aplikasi tanpa menurunkan keamanan dan kualitas layanan.

Jaringan penyedia layanan

Jaringan penyedia layanan memungkinkan pelanggan untuk menyewakan kapasitas dan fungsionalitas jaringan dari penyedia. Penyedia layanan jaringan dapat terdiri atas perusahaan telekomunikasi, operator data, penyedia komunikasi nirkabel, penyedia layanan internet, dan operator televisi kabel yang menawarkan akses internet berkecepatan tinggi.

Jaringan cloud

Secara konsep, jaringan cloud mirip dengan WAN yang infrastrukturnya disediakan dengan layanan berbasis cloud. Beberapa atau semua kemampuan dan sumber daya jaringan organisasi di-host dalam sebuah platform cloud publik atau privat dan disediakan sesuai permintaan. Sumber daya jaringan ini dapat termasuk router virtual, firewallbandwidth, dan perangkat lunak manajemen jaringan beserta alat dan fungsi lain yang dibutuhkan.

Saat ini, bisnis menggunakan jaringan cloud untuk mempercepat waktu masuk pasar (TTM), meningkatkan skala, dan mengelola biaya secara efektif. Model jaringan cloud telah menjadi pendekatan standar dalam membangun dan mengirimkan aplikasi bagi korporasi modern.

 

.

blog-img

Diposting oleh:

Dafit Afianto

Lecturer, Writing and Editing | Work hard in silence. Let your success in the noise.

List Surah AL-QUR'AN


List Juz AL-QUR'AN